Belajar Berenang untuk Anak Kecil

Di Amerika, merupakan pemandangan yang biasa bila kita melihat beberapa anak kecil sedang berada dalam suatu kelas renang bagi pemula. Anak-anak tersebut duduk pada sebuah meja yang ditempatkan di pinggir sebuah kolam yang dangkal. Sementara seorang ibu sedang duduk di pinggir kolam, memperhatikan putrinya, yang berusia hampir 3 tahun, mencebur ke dalam kolam. Pemandangan seperti ini pun mulai tampak di Indonesia.

Pada umumnya, secara perkembangan, seorang anak tidak siap untuk belajar berenang hingga mereka berusia 5 tahun. Tidak ada penelitian yang memastikan tentang berapa usia anak yang terbaik untuk menguasai ketrampilan berenang yang kompleks. Namun mereka mengutip suatu penelitian baru yang menunjukkan bahwa ketrampilan berenang lebih siap dicapai saat perkembangan motorik mencapai usia 5 tahun.

Penelitian yang sama juga menemukan bahwa beberapa anak di bawah usia 4 tahun dapat memperoleh ketrampilan berenang, tapi harus dengan lebih banyak instruksi dan masih dibatasi oleh kemampuan neuromuskular mereka. Mereka juga mengingatkan bahwa anak-anak yang belajar untuk tidak takut pada air, mungkin bisa ceroboh untuk mencoba berenang sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s