Nenek, Kakek Berenang Yuk….!

Berusia lanjut bukanlah berarti bermalas-malasan dan enggan berolahraga. Justru dengan berolahraga ini akan membantu kebugaran tubuh dan tentunya sangat menyehatkan. Nah, ternyata renang menjadi olahraga yang paling tepat bagi kalangan lansia. “Tidak ada istilah tidak bisa berenang kan bisa latihan renang,” ungkap ungkap Hario dalam seminar awam Bincang Sehat : Tetap Cantik dan Bugar di RS Premier Bintaro Tangerang Banten, Sabtu (15/4/2012).

Dikatakannya, berenang menjadi yang paling baik karena saat berenang tidak ada beban sehingga tidak akan membuat sendi mengalami sakit. Olahraga lain yang disarankan adalah jalan sehat, bersepeda atau  sepeda stasioner untuk melatih paha depan. Senam juga baik tapi jangan melakukan gerakan yang meloncat-loncat. Lebih baik melakukan  gerakan yang  menyilang karena akan bisa  mengurangi kepikunan.

“Olahraga yang disyaratkan tidak boleh yang menggunakan gerakan cepat, seperti tenis, ada gerakan  membungkuk atau gerakan  memutar. Membungkuk bisa pergeseran tulang di punggung,” ungkapnya.Hario menyatakan, berbeda dengan kalangan usai muda, pembatasan jenis olahraga karena  banyak organ tubuh yang telah mengalami penurunan kemampuan.

Lantas berapakali olahraga dalam sepekan? “Idealnya, olahraga hanya dilakukan 3-5 kali seminggu, bisa diselang seling, misalnya Senin, Rabu, Jumat. Waktunya pendek saja selama selama 20-60 menit,”Kalau masih malas, olahraga yang 20-60 menit bisa juga di selang seling, misalnya di bagi saya pagi, sore atau malam masing-masing 10 menit. “Cara itu juga mempunyai efek yang sama sama,” ungkapnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s